Monday, November 4, 2013

Laporan Kunjungan Industri "PT SRITEX SOLO"




LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
DI
PT SRITEX SOLO

Laporan industri ini disusun untuk memenuhi persyaratan menempuh Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN)






















Disusun Oleh :
SITI SRIYANI
XI (Sebelas)
Tata Busana



SMK NURUL HUDA
SARIMULYO NGAWEN BLORA
Tahun Ajaran 2012/2013
PENGESAHAN



Laporan kegiatan kunjungan industri ini disetujui dan disahkan untuk memenuhi syarat dalam menempuh Ulangan Akhir Sekolah (UAS) dan Ulangan Akhir Nasional. SMK Nurul Huda. Tahun pelajaran 2012-2013 pada :

Hari                                   :
Tanggal     :
Tempat                  :  SMK Nurul Huda







Wali kelas XI                                                                                                                                                                                                   Pembimbing
 Tata Busana




( Dian Utaminingsih, S.Pd )                                                                                                                                       ( Ayudhia Sari, S.Pd )


Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Nurul Huda




( Siti Shofiyatun S.Si )



















MOTTO



ü  99% kegagalan berasal dari orang yang mempunyai kebiasaan membuat alasan
ü  Kegagalan hanyalah kesempatan untuk memulai lagi dengan yang lebih pandai
ü  Belajar tanpa berfikir adalah pekerjaan yang sia-sia dan berbahaya
ü  Kegagalan adalah guru yang paling baik
ü  Cara menjadi orang bijaksana adalah tahu apa yang harus dimanfaatkan
ü  Gagal adalah keberhsilan yang tertunda




































PERSEMBAHAN




Laporan kegiatan Kunjungan Industri ini penulis persembahkan kepada :
1.      Ibu Siti Shofiyatun, S.Si selaku Kepala sekolah SMK Nurul Huda
2.      Ibu Ayudhia Sari,S.Pd,  selaku Guru pembimbing
3.      Ibu Dian Utaminingsih, S.Pd, selaku wali kelas XI Tata Busana
4.      Orang tuaku tercinta yang telah membesarkan dan mendidik penulis
5.      Bapak dan Ibu Guru SMK Nurul Huda
6.      Penulis bangsa
7.      Para pembaca yang budiman
8.      Orang – orang yang memberi semangat dan motivasi kepada penulis


































KATA PENGANTAR



Puji syukur dengan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan  dengan baik dan lancar.
Dalam menyusun laporan ini, penulis berusaha untuk menguraikan secara jelas dengan harapan agar mudah dimengerti oleh setiap pembaca. Dan dalam penyusunan laporan ini penulis banyak berhutang budi pada berbagai pihak, sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada yang terhormat :
  1. Ibu Siti Shofiyatun, S.Si selaku Kepala sekolah SMK Nurul Huda
  2. Ibu Dian Utaminingsih S.Pd, selaku wali kelas XI Tata Busana
  3. Ibu Ayudhia Sari, S.Pd, selaku Guru Pembimbing
  4. Bapak dan Ibu guru Serta karyawan SMK Nurul Huda, selaku pendukung pembuatan laporan.
  5. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan.

Dalam penyusunan laporan ini penulis yakin dan menyadari sepenuhnya akan kekurangan – kekurangan penulis, baik dalam uraian walaupun dalam teknik penyajianya. Meskipun penulis sudah berusaha semaksimal mungkin denga terbuka penulis membutuhkan dan menerima saran maupun kritik yang sifatnya membangun demi penyempurnaan laporan berikutnya.
Akhirnya penulis berharap bahwa isi laporan ini dapat bermanfaat lagi penulis khususnya dan pembaca umumnya dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya dan juga kewajiban kita demi nusa, bangsa serta agama dan semoga mendapat ridho dari Allah SWT.
Amin…..



Blora, …………………………





Penulis









DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………………….           i
PENGESAHAN ………………….………………………………………………………...            ii
MOTTO ……………. …………………………………………………………………….. iii
PERSEMBAHAN ………………………………………………………………………….            iv
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………..            v
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………….... vi
BAB 1 PENDAHULUAN …………………………………………………………………           1
  1. Latar belakang………. ……………………………………………………………..            1
  2. Rumusan Masalah …………………………………………………………………. 1
  3. Tujuan ………………………………………. ……………………………………. 1
  4. Manfaaat………………… ………………………………………………………... 1
  5. Tempat dan Tanggal pelaksanaan …………………………………………………. 1
BAB II LANDASAN TEORI………………………………………………………………           2
  1. Sejarah PT SRITEX ……………………………………………………………….. 2
  2. Visi dan Misi PT SRITEX ………………………………………………………… 2
BAB III METODE PENGUMPULAN DATA ……. ……………………………………..           3
  1. Obser vasi ………….....………….. ………………………………………………. 3
  2. Survei …….………. ………………………………………………………………. 3
  3. Wawancara …………………………………………………………………………            3
BAB IV PEMBAHASAN ………………….. ……. ………………………………………           4
  1. Produksi …………………………………………………………………………….            4
  2. Sistem Pemasaran dan Strategi ……………………………………………………...           4
  3. SDM PT SRITEX …………………………………………………………………..            4
BAB V PENUTUP ………………………….. ……. ………………………………………          5
  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………….           5
  2. Saran ………………………………………………………………………………..            5
LAMPIRAN ………………………………………………………………………………..            6













BAB I
PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang
Kunjungan industri ini merupakan program  yang telah di terapkan di SMK Nurul Huda. dengan adanya kunjungan industri ini di harapkan agar para siswa bisa menambah pengetahuannya  tentang dunia usaha. Dengan motivasi dan semangat tinggi penulis dapat membuat laporan kunjungan di PT SRITEX. Laporan ini di buat guna memenuhi persyaratan Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN).
Kunjungan  Industri merupakan salah satu pendidikan yang di lakukan dengan mengunjungi  objek – objek perusahaan menengah dan Internasional.

B.     Rumusan Masalah
  1. Bagaimana system pemasaran yang di lakukan di PT SRITEX ?
  2. Bagaimana Sistem Strategi pemasaran yang di gunakan di PT SRITEX ?

C.    Tujuan
  1. Untuk memenuhi persyaratan UAS dan UAN.
  2. Untuk menguji kamampuan penulis dalam menerapkan ilmu yang didapat dari tempat kunjungan Industri.
  3. Untuk menambah pengetahuan siswa.
  4. Melatih penulis sebagai cendekiawan  yang ingin membuat laporan dari  pengetahuan yang penulis Terima

D.    Manfaat
1.      Dapat menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang usaha
2.                              Menambah daya Kreativitas siswa dan mempunyai tanggung jawab
3.      Dapat di jadikan Dokumentasi – dokumentasi Sekolah

E.     Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Kunjungan Industri ini di laksanakan di PT. SRITEX Solo pada hari kamis tanggal 21 Juni 2012.








BAB II
PEMBAHASAN


C.    Sejarah PT SRITEX
PT SRITEX  berdiri tahun 1966 di solo dan masih merupakan perusahaan kecil perdagangan yakni “SRI REJEKI” yang didirikan di pasar klewer, solo, jawa tengah, Indonesia. Dengan peralatan yang masih sederhana pada saat itu luasnya masih sempit + 3500 m3 dan baru mempunyai 1 unit mesin finishing ( mesin penyempurna kain ).
Pada tahun 1968, perusahaan ini terdaftar di department perindustrian Jawa Tengah pada 30 Agustus 1974 dan kemudian muncul dari U.D (Usaha Dagang Trading Company) ke sebuah PT. (Perseroan Terbatas – Limited Company ). Berdasarkan akta notaries no. 48, 22 Mei 1978,   perusahaan ini telah secara resmi mengalami perubahan nama menjadi PT SRI REJEKI ISMAN  di 16 Oktober 1978.
Pendiri PT SRITEX ini adalah H. M. LUKMINTO beliau berhasil menjalankan  SRITEX menjadi terintegresi secara fertikal textill dan garment.
PT SRITEX terletek di beberapa  property di area lebih dari 100 hektar dan di pekerjakan sekitan 13.500 orang .
PT SRITEX sekarang menjadi pabrik tekstil terpadu dengan mesin paling modern, dibalik semangat tinggi untuk inofasi terdapat sebuah  perjalanan panjang prestasi SRITEK  tidak hanya mencukupi aspek bisnis. pada tahun 1995 SRITEX membuat rekor baru mengadakan upacara bendera yang di ikuti paling banyak peserta  dan  pada  tahun  2007 SRITEK  mendapat  penghargaan  muri  sebagai  perusahaan  yang mempunyai  desain  lebih  dari  3000  motif  kain  dan memproduksi  seragam  militer  untuk  16  negara.
B.  VISI  DAN  MISI  PT.SRITEX
Visi :
    1. Menjadi mitra yang paling inofatif dalam menyediakan produk dan layanan paling berkualitas untuk keperluan militer, lembaga pemerintahan dan swasta.
Misi :
    1. Menggunakan teknologi modern yang mampu menghasilkan produk  di layanan  berkualitas tinggi  untuk memenuhi berbagai kebutuhan kita
    2. Menjadi sebuah perusahaan yang berkualitas pada keuntungan dan pertumbuhan bagi para pemangku  kepentingan
    3. Menciptakan lingkungan tenaga kerja yang kondusif  dengan cara membangun budaya perusahaan dengan usaha keras
    4. Memberikan konstribusi dalam pengembangan bidang ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar.



BAB III
METODE PENGUMPULAN DATA

Penulis menggunakan beberapa metode untuk menyusun laporan  KUNJUNGAN INDUSTRI di antara lain :

A.    Observasi
Penulis mengumpulkan data dengan mengunjungi langsung PT SRITEX dan melihat keadaan yang di jadikan informasi untuk membuat laporan ini.
B.     Survei
Penulis mengamati keadaan yang terjadi di PT SRITEX dengan secara langsung.
C.    Wawancara
Yaitu pengumpulan data dengan jalan penjelasan dan pihak yang di tugaskan  dengan menggunakan pertanyaan  dengan sistematika serta berdasarkan  pada tujuan penelitian.































BAB IV
PEMBAHASAN

A.    Produksi
PT SRITEX Solo ini memproduksi seragam militer standart NATO yang di pakai di 25 Negara. Produksi tekstil PT SRITEX  ini diakui telah memenuhi Standart North At tantie Thearty Organization (NATO).
Untuk proses produksi, dilakukan secara persial/ per komponen, misal : satu tenaga kerja hanya bertugas membuat pola saja, memasang kancing baju saja dan lain-lain.
Terkait kapasitas produksi, taufiq menyatakan pada saat ini PT. SRITEX mampu memproduksi garmen sebanyak 2,5 juta set per bulan, dengan rata-rata pertumbuhan 15% - 20% per tahun.

B.     Sistem Pemasaran
System pemasaran yang digunakan di PT. SRITEX yaitu dengan system pemasaran yang  digunakan disini ada 3 yaitu :
  1. Penjualan langsung (Direct Selling)
  2. Pelaksanaan penjualan dari pesanan (Order)
  3. Ekspor

C.    Sistem Strategi
Strategi pemasaran yang digunakan di PT. SRITEX yaitu :
  1. Iklan, yaitu secara berkala dengan penempatan dan pemilihan media massa yang sangat tepat.
  2. Folder/ Pamphlot, sebagai media iklan yang dibuat sendiri untuk dibagikan baik ke biro – biro perjalanan / hotel – hotel maupun langsung.
  3. Kerjasama hanya bersifat intern dalam ruang lingkup dan keuntungan sangat kurang sekali.

D.    SDM PT. SRITEX
Dengan 100 Ha lahan dan 13.500 karyawan.
Jam kerja yang digunakan ada 3 shift yaitu :
  1. Mulai pukul 07.00 – 14.00
  2. Mulai pukul 14.00 – 22.00
  3. Mulai pukul 22.00 – 07.00




BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
PT. SRITEX merupakan perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang sudah besar dan terkenal, dan juga sudah dipercayai oleh berbagai Negara untuk membuat seragam kemiliteran dan juga yang lain. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi perusahaan ini.


B.     Saran
Saran yang penulis dapat sampaikan antara lain :
ü  Selalu menjaga nama baik (Almamater) SMK Nurul Huda
ü  Menjaga kesopanan diluar maupun didalam perusahaan
ü  Hilangkan sifat malas ketika belajar
ü  Lebih giat lagi belajar agar dapat berprestasi.




























LAMPIRAN


Biodata penulis :
Nama               :  Siti Sriyani
TTL                 :  Blora, 21 April 1996
Alamat                        :  Bogorejo
Sekolah           :  SMK Nurul Huda
Status              :  Pelajar
Kelas               :  XI (Sebelas)
No Absen        :  15
Keahlian          :  Tata Busana

No comments:

Post a Comment