Monday, November 4, 2013

Laporan Perjalanan "Laela Nur Khayati "

LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR
MTs.  NURUL HUDA
DI  JATIM PARK (MALANG)

Laporan untuk memenuhi syarat menempuh Ujian Akhir Nasional ( UAN ) dan Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) Kelas IX B

Di susun Oleh :
Nama              : Laela Nur Khayati
Kelas               : IX (B)

MTs. NURUL HUDA
Sarimulyo-Ngawen- Blora
Tahun Ajaran 2012/2013

PENGESAHAN

Laporan perjalanan ini telah kami buat dan disahkan untuk memenuhi syarat kelulusan Ujian Akhir Nasional dan Ujian Akhir sekolah pada :
Hari             :  Jum’at
Tanggal       :  14 Desember 2012
Tempat       :   MTs. Nurul Huda

Wali Kelas                                                                                                Guru Pembimbing

Siti Marfu'ah,SPd                                                                                            Siti Marfu'ah,SPd
Mengetahui
Kepala Sekolah MTs. Nurul Huda

(Drs. Abdul Qowim)

PERSEMBAHAN

Laporan study tour ini kami persembahkan kepada:
1.      Drs. Abdul Qowim selaku kepala sekolah MTs. Nurul Huda
2.      Ibu Tri Ernawati S.Pd,selaku wali kelas.
3.      Ibu Siti Marfu’ah S.Pd, selaku pembimbing
4.      Bapak /Ibu Guru MTs. Nurul Huda
5.      Adik-adik kelas
6.      Serta almamater MTs. Nurul Huda

MOTTO

ü  Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, maka jangan takut untuk mencobanya kembali .
ü  Semua orang punya masalah tapi tidak semua tahu cara mengatasinya.
ü  Kesuksesan itu bukan karena kecerdasan akan tetapi atas kemaua dan kesungguhan hati.
ü  Agar tercita suatu karya harus berusaha, dan usaha tersebut harus dilandasi dengan do’a bagaikan orang pincang.
ü  Kegigihan adalah kekuatan yang tidak terlihat, yang bias menyingkirkan rintangan-rintangan besar.

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat allah SWT yang telah memberikan Rahmad dan karunia –Nya, sehingga saya dapatmenyusun laporan perjalanan ini .
Saya menyusun laporan ini untuk memenuhi syarat menempuh Ujian Akhir Nasional ( UAN ) dan Ujian Akhir Sekolah ( UAS)  Tahun Pelajaran 2012 / 2013.
Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah membi,bing dan telah member pengarahan pada saya selama proses penyusunan laporan perjalanan ke Wisata Jatim Park di Malang Jawa Timur, maka tidak lupa  s ucapkan terima kasih kepada :
1.        Bapak Drs . Abdul Qowim , selaku Kepala Sekolah Madarasah
2.        Ibu Siti Marfu’ah S .Pd selaku guru pembimbing
3.        Bapak Ibu Guru MTs Nurul Huda .

Dalam menyelesaikan laporan perjalanan ini saya menyadari bahwa ini masih sederhana dan hasilnya jauh dari sempurna karena terbatanya pengetahuan serta pengalaman saya, untuk itu segenap kritik dan saran dari pembaca akan saya terima dengan lapang dada dan senang hati
Demikian kata pengantar saya, semoga laporran ini dapat memenuhi syarat kelulusan Nasional.

Penulis

A.    Tujuan ………………………………………………………………………………….       1
B.     Manfaat ………………………………………………………………………………...       1
BAB II  PERJALANAN  …………………………………………………………………........     2
BAB III  JENIS-JENIS BUAH .....  ............................................................................................     2
A.    Delima Merah .................................................................................................................       3
B.     Maja pahit .......................................................................................................................       3
C.     Brokoli ............................................................................................................................       3
D.    Kopi Arabika ..................................................................................................................       4
E.     Fia white Adriatis ...........................................................................................................       4
F.      Mato ................................................................................................................................       4
G.    Dewan daru .....................................................................................................................      5
BAB IV  PENUTUP ………………………………………………………………………...…      6
  1. Kesimpulan ....................................................................................................................        6
  2. Saran …………………………………………………………………………………...       6

BAB I
PENDAHULUAN

Puji syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat – Nya kepada saya, sehingga saya dapat melaksanakan Study tour sekolah.
Pelaksanaan rekreasi MTs Nurul Huda di laksanakan pada November 2011

A.   Tujuan
1.      Untuk memenuhi syarat menempuh Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS)
2.      Untuk menjalankan tugas dari guru pembimbing yaitu Ibu Siti Marfuah S.Pd
3.      Untuk mengetahui mengetahui sampai mana kemampuan saya dalam menyusun sebuah laporan perjalanan. .

B.   Manfaat
Sebagai refresing setelah melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS).

BAB II
PERJALANAN

Pada hari sabtu malam minggu tanggal 19 November 2011, Kami berkumpul di MTs. Nurul  Huda. Pada pukul 19.00 WIB, sambil  menunggu teman-teman yang lain, kami juga menunggu datangnya bus. Pada pukul 21.00 WIB  akhirnya bus datang dan teman-teman sudah siap. Kamipun langsung masuk bis III.setelah semuanya naik, bus akan berangkat rekreasi, semua berdo’a terlebih dahulu yang dipimpin oleh Simbah K.H Ja’far Nasyiruddin, setelah itu semua berangkat.
Ditengah perjalanan kami melihat lampu-lampu yang gemerlapan di malam hari. karena sudah tengah malam dan perjalanan pun belum sampai tujuan, akhirnya kami tidur terlebih dahulutetapi udaranya dingin dan suasananya ramai.
Sekitar  pukul 02.00 WIB kami berhenti di pasuruan. untuk beristirahat sebentar. Dan menunggu waktu sholat shubuh, setelah waktu shubuh tiba kami semua melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid terdekat .setelah sholat sholat subuh selesai kami sarapan di restoran, dan kemudian melanjutkan perjalanan.
Ditengah perjalanan kami melihat gunung yang sangat indah, katanya gunung tersebut adalah gunung arjuna, gunung weliran, dan gunung puri kembar. Akhirnya kami sampai di Jatim Park Malang. Dan ternyata disana masih tutup,sehingga kami jalan-jalan dulu dan berfoto bersama. Setelah pintunya buka kami masuk bersama kelompoknya masing-masing menuju lokasi yang telah ditentukan dan mencatat semua yang ada disana. Setelah semuannya selesai kami diperbolehkan bermain sepuasnya dan membeli oleh-oleh di pasar batu.
Kemudian kami makan siang dan melanjutkan perjalanan,yaitu berziarah ke makam Simbah K.H. Abdul Hamid Pasuruan. Tapi sebelumnya kami sholat jama’ qosor dhuhur dengan ashar di mushola terdekat. Di sana kami berdo’a yang di pimpin oleh Pak Umar. Setelah itu, kami melanjutkan untuk pulang dan sampai lagi di restoran pasuruan utuk makan malam. Selesai makan kami sholat magrib dan sholat qosor isya’. setelah sholat kami melanjutkan perjalanan dan sampai di sekolah pukul 23.30 WIB dengan selamat .

BAB III
JENIS-JENIS TANAMAN

A.      DELIMA MERAH ( Pacica Sp )
 (Granaatapel ,Delima ,Gansalan )
Berupa tanaman perdu dengan tinggi 1-5 m .Buah berbentuk bumi ,berwarna coklat kemerahan, biji berwarna merah kekuningan, diduga berasal dari daerah Asa Timur sampai Asia Tenggara. Tumbuhan ini tumbuh baik didaerah yang memiliki ketinggian 1-800 mm DPL.
B.       MAJAPAHIT ( Creslenia Cuyute )
Berasal dari Amerika Tropik merupakan tanaman pagar, berupa Bempa Perdu, tinggi 8-10 m, bulat buahnya, licin hijau, penampang 25 cm, kulit buah mengayu tebal kulit kayu sering dibuat tempat air .
C.      BROCOLI ( Brassika Oleria Batrylis Isubual Cysoma )
Jenis tanaman sayuran ,dikomsumsi kepada daunnya .tumbuh didaerah dataran tinggi. berkembang dengan biji .
Hama : hama ulat daun yang disebabkan oleh ulat daun ulat plutela ,maculi pennies .
D.      KOPI ARABIKA ( Coffe Arabika )
     Indonesia : kopi arabika, berasal dari Efhepia, berupa semak atau pohon rendah, tinggi mencapai 5 m, percabangan agak mendatar, daun lonjong luset .
E.       FIA WHITE ADRIANTI
     FIA WHITE ADRIATIS (ing), 10 Mekah (ind) berasal dari jawa tenggah. berupa parhutanan, tinggi 3-4 m, kulit batang berwarna coklat dan agak kasar.
Bergetah dan bercabang daun kasar dan memanjang,panjang 23-35 cm lebar 20-25 cm.
F.       MATOA ( P ometia Pinata J. R dan G. Forsf )
Tersebar disumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, NTB, NTT, dan Irian jaya. Berupa pohon, tinggi mencapai 40 m, diameter mencapai 100 cm, tumbuh baik pada ketinggian 600 m dari permukaan laut.
G.      DEWAN DARU (Malphigia globra L. )
Berasal dari kepulauan Antiles kecil dan Amerika selatan bagian utara sampai Texas bagian Selatan.kini dibudidayakan disemua daerah Tropis. Dan sub tropis hangat. Di Asia Tenggara di tanam, kecuali Jawa,Semanjung,Malaysia, dan Filiphina.

BAB IV
PENUTUP

A.     Kesimpulan
            Kami  berusaha maksimal untuk membuat laporan ini,kami menyadarinya bahwa laporan ini belum sempurna, kami berharap semoga laporan ini bisa dimanfaatkan.
Setelah penulis menyusun laporan perjalanan yang belum sempurna ini dapat penulis  simpulkan bahwa :
1.         Kami dapat mengetahui tentang jenis-jenis tanaman meskipun hanya sedikit.
2.         Kami dapat belajar tentang jenis-jenis tanaman yang lebih baik.
3.         Kami dapat mengetahui bahwa begitu indahnya wisata ditanah air Indonesia.

B.     Saran
Agar dapat berkunjung ke Jatim Park Malang penulis sarankan :
1.         Untuk menjaga ketertiban lingkungan.
2.         Untuk tidak merusak sesuatu yangb ada didalam maupun diluar Jatim Park Malang.
3.         Untuk berlaku sopan dan tertib di Jatim Park Malang dan berkunjung ke Pasar Batu untuk membeli oleh-oleh.